Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi Partai Golkar Agus Mulyadi berbagi cerita soal pengalaman pertamanya menjajal Tol Bocimi Seksi 2. | Foto: Istimewa

RAGAMBAHASA.comРAnggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi Partai Golkar Agus Mulyadi berbagi cerita soal pengalaman pertamanya menjajal Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Tol Bocimi) Seksi 2. Agus mengaku senang dapat menggunakan tol baru ini meski dia menyoroti sejumlah persoalan.

“Dengan rasa syukur, saya pertama kali resmi masuk Tol Bocimi Seksi 2 menuju Palabuhanratu lewa pintu masuk Cigombong,” kata dia kepada RAGAMBAHASA.com, Senin (7/8/2023).

Agus mengungkapkan, dari pintu masuk Cigombong, ternyata pengendara tidak langsung dapat masuk ke Tol Bocimi Seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak, melainkan harus memutar arah terlebih dulu menuju Bogor melalui pintu keluar tol Caringin, baru kemudian masuk ke Tol Bocimi Seksi 2 lewat pintu lain.

Alhamdulillah tol sudah dibuka. Hanya memang dari Cigombong ternyata tidak bisa langsung masuk Tol Bocimi Seksi 2, tapi harus mutar dulu ke Bogor keluar tol Caringin, masuk lagi, baru masuk Tol Bocimi Seksi 2,” kata dia.

Agus membagikan informasi ini dengan harapan dapat memberikan gambaran kepada masyarakat, khususnya mereka yang merencanakan menggunakan Tol Bocimi Seksi 2 dari Cigombong. Meski di sisi lain Agus mengakui proses ini mungkin karena masih dalam tahap perbaikan dan pengembangan.

“Mungkin masih dalam proses. Hanya sekadar informasi bahwa dari Cigombong tidak masuk ke Tol Bocimi Seksi 2, tapi harus mutar dulu dari pintu tol Caringin,” ujarnya.

Agus juga berharap persoalan ini dapat segera diperbaiki sehingga warga Cigombong dan Cicurug dapat langsung masuk Tol Bocimi Seksi 2 tanpa harus berputar arah ke wilayah Kecamatan Caringin, Bogor. Dengan adanya perbaikan, diharapkan masyarakat dapat lebih lancar dan efisien menggunakan tol baru ini dalam perjalanan mereka.

“Mudah-mudahan bisa diperbaiki sehingga orang Cigombong dan orang Cicurug bisa langsung masuk tol dan tidak buang waktu harus masuk ke Kecamatan Caringin, Bogor dulu,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, PT Waskita Karya Tbk (Persero) mempercepat jadwal operasional Tol Bocimi Seksi 2. Semula, jalan tol ruas ini akan dioperasionalkan Senin, 7 Agustus 2023. Namun akhirnya dimajukan menjadi per kemarin, Minggu siang, 6 Agustus 2023.

Tingginya minat pengguna jalan tol sepanjang 11,9 kilometer tersebut terlihat dari peningkatan jumlah kendaraan yang datang dari arah Jabodetabek menuju Sukabumi setelah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Jumat, 4 Agustus 2023.