RAGAMBAHASA.com || Lagu dari band For Revenge yang berjudul ‘Serana’ merupakan sebuah karya yang sangat menggugah perasaan. Single yang dirilis pada tahun 2022 ini tidak hanya sekedar lagu, tetapi lebih dari itu, lagu ini memiliki pesan untuk para pendengarnya.

‘ Serana ‘ menjadi perwakilan bagi pasangan yang harus melewati proses pahit untuk belajar ikhlas karena ditinggalkan. Melalui lirik-liriknya yang dalam dan melodi yang menghentak, For Revenge berhasil mengekspresikan kesedihan yang dirasakan oleh setiap pasangan yang harus merelakan kehilangan.

Banyak yang menyebut bahwa For Revenge mirip dengan Fiersa Besari namun dalam versi rock, hal ini tidak terlalu mengherankan mengingat For Revenge memang mengusung genre rock indie. Namun, meskipun mereka memiliki ciri khasnya sendiri, For Revenge tetap berhasil menyampaikan pesan yang mendalam melalui lagu-lagu mereka.

Dalam lagu ‘Serana’, esensi yang terkandung begitu kuat. Melalui kata-kata yang terpilih dengan hati-hati, For Revenge berhasil menggambarkan perasaan kehilangan dan kesedihan yang mendalam. Makna dari kata ‘serana’ sendiri adalah kesedihan yang dialami oleh sepasang kekasih ketika harus melepaskan orang yang mereka sayangi. Hal ini membuat lagu ini begitu menyentuh hati dan mampu membuat pendengarnya ikut merasakan emosi yang disampaikan.

Dari sudut pandang saya, ‘Serana’ bukan sekedar lagu biasa, tetapi sebuah karya seni yang mampu menyentuh perasaan setiap orang yang mendengarnya. Melalui lagu ini, For Revenge berhasil mengajak pendengarnya untuk merenung dan memahami bahwa kehilangan adalah bagian dari proses kehidupan yang harus diterima dengan ikhlas.

Dengan begitu, ‘Serana’ bukan hanya sekedar lagu yang enak didengar, tetapi ia juga merupakan cerminan dari realitas kehidupan yang seringkali pahit. Melalui lirik-liriknya yang penuh makna, For Revenge berhasil menyampaikan pesan universal tentang cinta, kehilangan, dan ikhlas.

Sebagai pendengar, saya merasa terharu dan terinspirasi oleh lagu ‘Serana’. Melalui lagu ini, For Revenge telah berhasil menggambarkan esensi dari cinta dan kehilangan dengan begitu indah. Jika kita mau merenung dan mendalami makna yang terkandung di dalamnya, kita akan memperoleh pelajaran berharga tentang arti sebenarnya dari ikhlas dan kebahagiaan.

Dengan demikian, ‘Serana’ bukan hanya sekedar lagu biasa, melainkan ia juga menjadi pengingat bagi kita bahwa dalam kehidupan, terdapat proses kesedihan yang perlu kita terima dengan lapang dada. Kesedihan adalah bagian dari kehidupan dan For Revenge dengan lagu ‘Serana’-nya telah berhasil menyampaikan pesan ini dengan begitu baik dan menyentuh.

 

Di setiap masa yang telah kulewati
Menua bersama kisah tak terganti

Pada lirik pembuka ini, For Revenge memposisikan sebagai seseorang yang sudah merasa sudah begitu banyak masa dengan berbagai halu lalang yang dilewati.

Orang itu ingin menghabiskan waktunya dengan kekasihnya dengan membawa kisah perjuangan cinta mereka yang tidak bisa digantikan oleh apa pun.

 

Jika kau merasa sepi
Kembalilah ke tempatku menanti
Sebelum waktu menuntut mati

Lalu, pada lirik selanjutnya, For Revenge seolah-olah menjadi seorang lelaki yang mencoba mengajak kekasihnya untuk melepas rindu. Dia berharap kekasihnya bisa kembali sebelum ajal keburu menjemput mereka atau salah satu dari mereka.

Tidak ada yang tahu ke depannya akan terjadi apa lagi dan bisa saja baik atau pun buruk. Jadi, lebih baik kembali ketika sudah merasa sepi di hidupnya sebelum terlambat.

Puncak kesedihan yang mana seseorang harus belajar ikhlas terletak pada lirik reff lagu ini:

Beri tahu aku cara melupakanmu
Seperti kau ajarkanku dewasa
Beri tahu aku cara merelakanmu
Seperti kau ajarkanku bahagia

For Revenge mengungkapkan rasa kesedihan dengan mencoba mengatakan untuk minta diajarkan cara melupakan kekasihnya yang memang takdirnya sudah tidak bisa bersatu lagi.

Dengan begitu, dia akan melalui proses pendewasaan. Kehilangan seseorang bisa mengajarkan untuk lebih dewasa karena tidak ada yang bisa begitu abadi dalam hubungan.

Lalu, mereka mencoba minta diajarkan untuk merelakan kepergian kekasihnya supaya bisa mendapat kebahagian dengan jalan yang lain. Kemudian maksud bahagia dengan jalan lain itu lebih dipertegas pada lirik setelahnya, yaitu:

Yakinkan aku bahwa kau telah temukan yang kau cari

For Revenge mencoba lebih menegaskan bahwa maksud dari jalan lain adalah berbahagia dengan orang lain yang menjadi penggantinya.

Pada lirik ini, seseorang yang merasa kehilangan itu sudah menunjukkan keikhlasannya bahwa dia rela meninggalkan kekasihnya untuk bahagia bersama orang lain.

Bagaimana? sakitnya terlalu dalam, kan ya? Memang seperti itulah esensi di balik lagu ini yang sebenarnya. Mungkin memang lagu ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi dari personel For Revenge. Semoga yang membaca bisa memahami esensi lagu ini.