RAGAMBAHASA.com || Banyak wisatawan yang mengincar tempat wisata Bandung mirip luar negeri karena memberikan pengalaman yang unik sekaligus pengetahuan baru. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, wisatawan cukup ke Bandung untuk menikmati suasana ala Eropa, Korea Selatan, Jepang, dan sebagainya.
Berikut yang Ragambahasa Himpun :

1. Farmhouse 


Farmhouse merupakan salah satu wisata populer di kawasan Lembang. Lokasinya berada di Jalan Raya Lembang Nomor 108, Gudangkahuripan, Lembang, Bandung Barat. Banyak spot foto menarik di Farmhouse, salah satunya mirip suasana Eropa. Pengunjung bisa menyewa kostum ala Belanda untuk melengkapi foto. Selain itu, Farmhouse memiliki jembatan kecil berpagar besi yang dipenuhi gembok cinta, mirip seperti di Namsan Tower, Korea Selatan. Masih berada di kawasan Farmhouse, pengunjung bisa menemukan  replika rumah hobbit di film The Lord of the Rings, tepatnya di area Hobbiton Harga tiket masuk Farmhouse Lembang adalah Rp 35.000 per orang, berlaku pada weekday dan weekend. Namun demikian, tiket masuk tersebut tidak termasuk sejumlah wahana berbayar di dalam area wisata.

2. Floating Market 

Tempat wisata Bandung mirip luar negeri selanjutnya adalah Floating Market. Wisata ikonik ini mirip seperti pasar apung di Thailand yang populer, yakni Pattaya Floating Market. Floating Market berada di atas danau alami, yakni Situ Umar, seperti dilansir dari dari Tribunnews Wiki. Pengunjung bisa membeli aneka kuliner atau camilan tradisional dan modern di pasar terapung.

Para penjual menjajakan dagangannya dari atas perahu yang berbaris rapi di atas Situ Umar. Uniknya, sebelum membeli makanan, wisatawan terlebih dahulu harus menukarkan uang rupiah dengan uang koin, seperti dikutip dari Kompas.com (24/9/2018).

Selain pasar apung, pengunjung bisa menjumpai beragam wahana menarik lainnya seperti wahana air, wahana permainan, spot foto, naik perahu, dan sebagainya. Wisata ikonik ini berada di Jalan Grand Hotel No 33E, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

3. De’Ranch Lembang

De’Ranch Lembang mengusung konsep perkampungan koboi seperti di Amerika, lengkap dengan segala pernak-perniknya. De’Ranch menjadi salah satu tempat wisata di Bandung mirip luar negeri yang banyak dikunjungi wisatawan.

Mengutip laman resminya, De’Ranch Lembang mulanya adalah tempat pemeliharaan kuda tunggang dan ekor sapi perah. Tempat seluas 5 hektar ini akhirnya dikembangkan menjadi obyek wisata.

De’Ranch Lembang juga memiliki berbagai wahana permainan dan rekreasi lain, seperti kolam pancing, panahan, dan restoran. Lokasinya berada di Jalan Maribaya nomor 17, Kayuambon, Lembang, Bandung Barat.

4. The Great Asia Afrika

Sesuai namanya, pengunjung bisa menyaksikan aneka landmark terkenal dari negera-negara di Asia dan Afrika di The Great Asia Afrika. Selain rekreasi, obyek wisata ini bisa menjadi wahana edukasi khususnya bagi anak-anak.

Ikon negara-negara yang ditampilkan antara lain Indonesia, Thailand, Korea Selatan, Jepang, India, serta negara dari benua Afrika dan kawasan Timur Tengah.

Serunya lagi, pengunjung bisa mencoba pakaian tradisional negara-negara tersebut. Lokasinya berada di Jalan Raya Lembang-Bandung Nomor 71, Gudangkahuripan, Lembang, Bandung Barat.

5. Sarae Hills

Tempat wisata di Bandung mirip luar negeri selanjutnya adalah World of Wonders (WOW) yang berada di Sarae Hills. Sesuai namanya, obyek wisata ini menawarkan pengalaman keliling dunia.

Mengutip Kompas.com (1/3/2022), area  World of Wonders tersebut memiliki berbagai bangunan ikonik dari berbagai belahan dunia. Sebut saja, Arc de Triomphe, Menara Eiffel, Patung Liberty, Sphinx, Pyramid Giza, dan Amphitheatrum Flavium.

Landmark berbagai negara itu bisa menjadi spot foto  Instagramable. Jika ingin beristirahat, kamu bisa mampir sejenak ke kafe yang berkonsep ala Santorini dengan ciri khas bangunan berwarna putih dan biru.

Harga tiket masuk World of Wonders Sarae Hills adalah Rp 50.000-Rp 80.000 per orang. Lokasinya berada di Jalan  Pagermaneuh, Pagerwangi, Lembang, Bandung Barat.

6. Dago Bakery

Apa kamu ingin merasakan sensasi menyantap makanan dengan suasana Eropa klasik? Tak perlu jauh-jauh ke Benua Biru, kamu bisa mendapatkan pengalaman tersebut di Dago Bakery Punclut.

Mengutip laman Dago Bakery, restoran ini didesain menyerupai kastel Eropa bergaya klasik bak negeri dongeng. Bangunan kastel didominasi warna abu-abu tua, sehingga menambah kesan megah dan elegan.

Selain bangunan kastel Eropa klasik, masih banyak spot foto Instagramable lainnya di Dago Bakery Punclut. Pengunjung bisa berfoto di ruang terbuka berlatar pemandangan Kota Bandung, dua lampu menyerupai Supertree Grove di Gardens By The Bay, Singapura, dan anjungan kapal lengkap dengan roda kemudinya.

Lokasinya berada di Jalan Pagermaneuh nomor 57, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

7. Mercusuar Cafe & Resto


Serupa dengan Dago Bakery, tempat kuliner ini mengusung tema abad pertengahan dengan menghadirkan bangunan berbentuk kastel.

Mengutip Kompas.com (9/9/2020), nuansa khas Eropa tidak hanya terlihat dari bangunan kastil megah, tetapi juga dari dekorasi di sekitarnya.

Mercusuar Cafe & Resto terdiri dari enam lantai, sehingga pengunjung di area kastel rooftop bisa melihat panorama Bandung dari ketinggian. Selain itu, ada bangunan mercusuar yang bisa dikunjungi wisatawan.

Lokasinya di Jalan Lembah Pakar Timur 2 Nomor  7, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

8. Kampung Korea

Obyek wisata yang satu ini cocok untuk para pencinta budaya Korea Selatan. Mengutip Kompas.com (21/8/2019), pengunjung akan disuguhkan beberapa bangunan khas Korea Selatan begitu memasuki area Kampung Korea.

Mulai dari arsitektur rumah tradisional Korea hingga berbagai ornamen yang memperkuat kesan Korea Selatan. Misalnya, lampu, bunga sakura, lukisan dinding, hingga hangeul atau tulisan Korea Selatan yang tersebar di beberapa tempat.

Tak hanya di bangunan tradisional, makanan yang dijual pun khas Korea Selatan yang biasa ditemukan pada drama Korea Selatan. Ada ramyeon, kimchi, kimbap, bibimbap, hingga jajanan Korea seperti tteokbokki dan odeng.

Lokasinya berada di Jalan Banten No.7, Kebonwaru, Kec. Batununggal, Kota Bandung.

9. Little Seoul

Tempat wisata lainnya yang bernuansa Korea Selatan di Bandung adalah Little Seoul. Lokasi ini merupakan bagian dari Chingu Cafe yang populer dan hits di Bandung.

Little seoul ini berada di luar ruangan kafe yang menghadirkan suasana ala Jalan Dongdaemun di Seoul. Di sini, pengunjung akan terlena dan terasa seperti berada di Korea Selatan

Pengunjung juga bisa memakai Hanbok atau pakaian tradisional Korea Selatan dan berfoto-foto di sini. Chingu Cafe menawarkan kuliner Korea autentik yang lezat, halal, juga berkualitas dengan suasana kafe Korea modern yang nyaman dan penuh warna.

Little Seoul Bandung berada di Chingu Cafe tepatnya terletak di Jalan Sawunggaling Nomor 10, Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung.

10. Vihara Vipassana Graha

Vihara Vipassana Graha adalah sebuah wihara Buddha Theravada di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Bangunan wihara ini mengingatkan kita kepada kuil-kuil di Thailand.

Vihara Vipassana Graha digunakan sebagai tempat ibadah dan meditasi umat Buddha.  Namun, banyak pengunjung bukan umat Buddha mendatangi Vihara Vipassana Graha untuk berwisata. Sebab, daya tarik Vihara Vipassana Graha adalah arsitektur bangunan yang unik sehingga memberikan suasana mirip kuil atau wat di Thailand.

Selain bangunan yang unik, lokasi tempat ibadah ini berada di perbukitan dengan hawa sejuk. Jika ingin berkunjung,

lokasinya berada di Jalan Kolenel Masturi No 69, Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang, Bandung Barat.