RAGAMBAHASA.com || Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (DPUTR) Kota Sukabumi, berencana melakukan pembangunan peningkatan jalan menuju objek wisata air panas Cikundul di Jalan Proklamasi, Keluarahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu.

Hal itu, sebagai upaya memberikan rasa nyaman terhadap para pengunjung ke pemandian air panas Cikundul Kota Sukabumi tersebut.

BACAAN LAINNYA

Kepala Bidang Bina Marga, DPUTR Kota Sukabumi, Barli mengatakan, pembangunan infrastruktur perlu dilakukan guna meningkatkan kenyamanan.

“Pembangunan ini menjadi agenda kami kedepanya, melakukan peningkatan jalan menuju arah wisata Cikundul. Mudah-mudahan bisa terealisasi,” kata Barli kepada wartawan, Jumat (13/10).

Saat ini, lanjut Barli, DPUTR tengah fokus penataan empat jalan yang dijadikan batas Kota dengan Kabupaten Sukabumi.

Yakni, arah menuju jalan Selabintana, Sukaraja, Lembursitu, dan Cisaat. Di empat jalan batas tersebut, nantinya akan dibangun pedestrian serta dilengkapi dengan pendukung lainya yang menunjukan batas wilayah antara Kota dna Kabupaten Sukabumi.

“Saat ini sih progresnya sudah 90 persen lebih. Hanya tinggal di pasang box panel listrik dan penerangan jalan umum (PJU),” ujarnya.

Disinggung soal anggaran, Barli menerangkan, estimasi anggaran untuk pembangunan tersebut sekitar Rp800 juta lebih yang bersumber dari APBD Kota Sukabumi.

“Makanya, kita hampir setiap hari terus terjun kelapangan untuk melihat progres laju pekerjaanya,” timpalnya.

Tak hanya itu, DPUTR juga tengah mengerjakan crossing atau pembelahan jalan di Jalan Siliwangi, atau depan RSUD R Syamsudin SH.

Nantinya, crossing ini akan berfungsi untuk membelah debit air ketika hujan turun. Pasalnya, selama ini, air hujan tersebut masuk seluruhnya ke area rumah sakit Bunut.

“Jadi nanti akan kami lakukan pembelahan debit air hujan tidak masuk ke rumah sakit bunut tersebut,” imbuhnya.

Sedangkan, sambung Berli, peningkatan jalan lainya khususnya yang merupakan aduan dari masyarakat yakni, Jalan Safir Perum Baros.

“Alhamdulillah, kita sudah melakukan pembangunan di Perum tersebut sesuai dengan aduan dari masyarakat. Termasuk, saat ini melakukan perbaikan jalan rusak di Balandongan,” tukasnya.