RAGAMBAHASA.com ||  PDI-Perjuangan resmi mengusung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menjadi pasangan Bacapres dan Bacawapres (Bakal Calon Presiden – Wakil Presiden) di Pilpres 2024. Meskipun Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tak diundang deklarasi Ganjar-Mahfud di Jakarta, dirinya mengucapkan selamat.
“Selamat, selamat. Selamat ya untuk pak Ganjar dan pak Mahfud. Sekali lagi saya ucapkan selamat,” kata Gibran saat dijumpai di Balai Kota Solo, Rabu (18/10/2023).
Gibran Rakabuming menyebut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD cocok berpasangan Ganjar Pranowo di pemilu 2024 mendatang.  Menurut Putra sulung dari presiden Jokowi tersebut sosok Mahfud MD adalah sosok yang lengkap dan kaya pengalaman.
“(Sosoknya) Luar biasa. Pengalamannya pernah di yudikatif, pernah di legislatif, eksekutif, lengkap, cocok sekali,” ucap dia.
Disinggung apakah dirinya yakin dengan pasangan tersebut akan memenangkan pemilu satu putaran Gibran tak menjawab dengan lugas. Dipilihnya Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar menurutnya sesuai dengan pemikiran ketua umum PDIP Megawati Soekarnoputri.
“(Yakin dengan memilih pak Mahfud kemenangan satu putaran) Ya Monggo itu sesuai harapan dan target ketua umum,” katanya.
Gibran sendiri tak diundang DPP PDI-P saat deklarasi pasangan Ganjar-Mahfud.  “(Tidak diundang ke acara deklarasi?) enggak,” hemat Gibran.
Bahkan rencana pertemuan dengan Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto pasca putusan Mahkamah Konstitusi MK perihal batas usia capres cawapres yang dijadwalkan Rabu ini akhirnya ditunda.
“Nanti dijadwal ulang, harus ditanyakan lagi, nanti ketemu. Gak jadi kan (ketemu) hari ini deklarasi,” ujarnya.
Sebagai informasi, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, resmi menjadi calon wakil presiden dari Ganjar Pranowo. Pengumuman itu disampaikan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat deklarasi bersama partai koalisi di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10/2023).
“Hari ini Rabu tanggal 18 Oktober 2023, saya sudah mantap mengambil putusan untuk kepentingan rakyat dan negara. Oleh karena itulah dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, maka cawapres yang dipilih PDIP yang mendampingi Ganjar Pranowo adalah Profesor Mahfud MD,” kata Megawati.