RAGAMBAHASA.com || Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) merangkul Presiden Palestina Mahmoud Abbas di sela-sela pelaksanaan KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang digelar di Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/11).
KTT luar biasa OKI itu digelar seiring bombardir Israel ke wilayah Gaza, Palestina, sebulan terakhir hingga memakan korban jiwa lebih dari 10 ribu orang.

Rangkulan persahabatan dari Jokowi terhadap Abbas itu terlihat dari unggahan foto di akun media sosial kepala pemerintahan RI tersebut.
“Rangkulan persahabatan untuk Yang Mulia Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang saya temui di sela-sela pelaksanaan KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam di King Abdulaziz International Convention Center, Riyadh, Arab Saudi hari ini,” tulis Jokowi dalam keterangan gambar yang menyertai unggahan foto itu.

“Kepada Presiden Mahmoud Abbas saya menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas peristiwa yang terjadi di Palestina,” imbuhnya menceritakan apa yang diucapkan kepada Abbas yang juga dikenal sebagai politikus Fatah di Palestina tersebut.

Saat berbicara pada KTT tersebut, Jokowi mendesak agar OKI mampu melakukan hal-hal yang konkret ‘agar kekejaman Israel di Gaza segera dihentikan’.

“Satu bulan telah terjadi kekejaman ini dan dunia seolah-olah tak berdaya. Lebih dari 7,9 miliar penduduk dunia dan 190 pimpinan negara, tapi sampai saat ini tak satupun yang mampu menghentikan kekejaman ini,” tutur Jokowi seperti dikutip dari tayangan saluran Youtube OKI, Sabtu.

“Oleh karena itu, OKI hari bersatu dan berada di depan untuk penyelesaian masalah ini,” imbuhnya.

Selain itu, Jokowi menyatakan pada Senin (13/11) mendatang dirinya akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Jokowi mengatakan akan pula mendesak Biden untuk mendukung agar Israel setop memborbardir Gaza–terutama target sipil.

AS sendiri dikenal sebagai salah satu ‘sekutu’ abadi dan utama Israel.