Ragam Bahasa.com || Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi, menyebutkan terdapat sebanyak 1.300 Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang tersebar di 47 kecamatan.

Kadisdik Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha mengatakan, kondisi sekolah di Kabupaten Sukabumi sangat bervariasi. Ada sekolah dalam kondisi baik, namun ada juga yang mengalami kerusakan baik dengan kategori ringan maupun berat. “Meskipun terdapat banyak sekolah yang mengalami kerusakan, Disdik akan memprioritaskan pembangunan terutama pada sekolah yang mengalami kerusakan berat sesuai dengan instruksi pimpinan,” kata Eka, Jumat (12/1/2024).

Rencananya, lanjut Eka, pembangunan akan disesuaikan dengan anggaran yang tersedia di dinas pendidikan. Selain itu, Eka juga mengakui bahwa kualitas pendidikan sangat bergantung pada dukungan sarana prasarana yang memadai. Namun, hal tersebut akan disesuaikan dengan anggaran yang ada. “Karena itu, kami meminta agar sekolah yang belum mendapatkan bantuan untuk bersabar dan tetap menjalankan kegiatan pembelajaran sebagaimana mestinya,” ucapnya.

Dengan adanya upaya pembangunan dan pemeliharaan sekolah, diharapkan kondisi serta kualitas pendidikan di Kabupaten Sukabumi dapat terus ditingkatkan. “Dukungan dan kesabaran dari seluruh pihak terkait akan memastikan bahwa pendidikan di Kabupaten Sukabumi dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang optimal bagi para siswa,” pungkasnya.