RAGAMBAHASA.com || Wakil Bupati Sukabumi H Iyos Somantri meresmikan Program perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bantuan CSR PLTU Palabuhanratu, di Kampung Cipatuguran RW 06, Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Jumat, 12 Januari 2024.

Wakil Bupati H Iyos Somantri mengapresiasi program CSR PLTU Palabuhanratu yang disalurkan untuk rehabilisasi RTLH di Kampung Cipatuguran, sebab penerima manfaat bisa mendapatkan tempat tinggal yang representatif.

“Kami atas nama Pemkab Sukabumi mengucapkan terimakasih kepada PLTU Palabuhanratu yang telah merealisasikan program ini, apalagi material bangunan yang digunakan ini 100 persen dari bahan FABA (Fly Ash dan Bottom Ash),” terangnya.

Wabup Iyos menjelaskan, Pemkab Sukabumi sangat terbantu adanya program bantuan CSR PLTU itu, mengingat di Desa Jayanti terdapat sejumlah rumah yang tidak layak huni.

“Perlahan tapi pasti program ini akan terus ditingkatkan, kita juga terus menggali potensi untuk kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

H Iyos menyatakan, Pemkab Sukabumi akan terus meningkatkan program RTLH di Kabupaten Sukabumi baik melalui APBD Kabupaten maupun APBD Provinsi. Oleh karena itu dirinya berharap kepada penerima manfaat supaya biasa menjaga dan merawat rumah tersebut sebagaimana pepatah mengatakan bahwa rumahku adalah surgaku.

“Kedepan kita akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak agar bisa membangun rumah lebih banyak lagi,” tuturnya

Sementara itu, Manager Operasional PLTU Palabuhanratu, Irawan menjelaskan, sebanyak 5 unit rumah yang diresmikan dari program CSR PLTU Palabuhanratu di Kampung Cipatuguran Desa Jayanti, antara lain 4 unit telah terealisasi dan 1 unit dalam proses pembangunan.

“Rutilahu yang telah dibangun 4 unit untuk tahun ini dan 1 akan berlanjut kita bangun,” ucapnya.

Irawan menjelaskan material bangunan yang dipakai ialah 100 persen dari bahan FABA (Fly Ash dan Bottom Ash) atau limbah produksi.

Dirinya berharap semua bisa bermanfaat bagi masyarakat di Kab. Sukabumi khususnya di wilayah PLTU Palabuhanratu.

Peresmian RTLH ditandai dengan penyerahan sertifikat rumah dan pengguntingan pita oleh Wakil Bupati H Iyos Somantri.