Ragam Bahasa.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi, bersama Forkopimda, memusnahkan logistik Pemilu 2024 berupa kertas suara, di Gudang Logistik KPU, Jalan Sukaraja, Desa Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja, Selasa (13/24) malam.

Turut hadir dalam pemusnahan kertas suara Pemilu 2024, Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro, perwakilan dari TNI, Kepala Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sukabumi, Tri Romadhono Suwardianto, dan perwakilan dari Kejaksaan Negeri (Kejari).

Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, Kasmin Belle mengatakan, satu hari menjelang pemungutan suara pada Rabu, 14 Februari 2024 ini sebanyak 9.711 kertas suara yang dimusnahkan bersama sama Forkopimda.

“Rinciannya surat suara presiden 850 lembar, surat suara DPR RI 4.013 lembar, DPD 695 lembar, DPRD Provinsi 835 lembar, dan 3.318 lembar surat suara yang kami musnahkan,” ujar Kasmin Belle.

Kasmin menjelaskan, ribuan kertas suara yang dimusnahkan itu merupakan hasil sortil lipat. Di antaranya ada kerusakan juga ada kelebihan surat suara sehingga dimusnahkan sesuai dengan pedoman teknis tata kelola logistik Pemilu 2024.

“Pemusnahan logistik ini tentu berdasarkan dari keputusan KPU nomor 1395, tentang pedoman teknis tata kelola Pemilu. Sehingga kelebihan dan kerusakan surat suara ini kami musnahkan bersama Forkopimda Kabupaten Sukabumi,” ungkapnya.

Ia memaparkan, logistik atau kertas suara yang dimusnahkan ini didominasi kelebihan. Di sisi lain, dirinya memastikan semua kertas suara di setiap TPS sudah terpenuhi bahkan sudah terdistribusi ke setiap TPS.

“Kalau di setiap TPS sudah terpenuhi dan itu ditambah dua persen. Mudah mudahan pada proses pemungutan suara besok (hari ini) dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib tanpa ekese sama sekali,” tandasnya.