RAGAMBAHASA.com || H. Iyos Somantri menghadiri peluncuran Akademi Pemilu dan Demokrasi (APD) Sukabumi di Kecamatan Cisaat, Senin,12 Januari 2024. Tak hanya menghadiri saja, H. Iyos pun membuka seminar nasional bertema menjaga demokrasi Sukabumi yang diselenggarakan APD.

Dalam kesempatan tersebut, H. Iyos mengapresiasi keberadaan APD. Bahkan, dirinya menaruh harapan besar terhadap APD dalam membawa demokrasi di Kabupaten Sukabumi lebih transparan lagi dan lebih baik.

“Orang-orang yang berada di APD ini merupakan mantan penyelenggara pemilu. Baik di KPU maupun Bawaslu. Sehingga, tahu betul penyelenggaraan pemilu yang lebih baik dan berkualitas,” ujarnya.

Dirinya pun meminta APD untuk mengedukasi komunitas hingga masyarakat umum agar kehidupan demokrasi sejatinya yang harus hadir.

“Harapannya, hadirnya APD akan ada pencerahan bagi masyarakat,” ucapnya.

Berkaitan Pemilu 2024 sendiri, dirinya menghimbau masyarakat untuk datang ke TPS. Hal itu untuk memilih sesuai hati nurani masyarakat.

“Hadir pada waktunya dan laksanakan hak pilihnya sesuai hati nurani. Selain itu, mari jaga kondusifitas di Kabupaten Sukabumi. Insya Allah Sukabumi pasti aman,” ungkapnya.

Koordinator Daerah APD Sukabumi Teguh Hariyanto mengatakan, kehadiran lembaga tersebut untuk berkontribusi. Terutama dalam menjaga kualitas demokrasi, khususnya di Sukabumi.

“APD ini diisi oleh orang yang ahli dalam kepemiluan serta demokrasi,” terangnya.

Tak hanya itu saja, APD pun berdiri secara nasional hingga ke tingkat bawah. Bahkan sampai ke tingkat kecamatan dan desa.

“Kita pun akan ada koordinator di puluhan kecamatan yang ada di Sukabumi. Kita punya banyak produk layanan dan kami sering dilibatkan sebagai pemateri di lembaga penyelenggara pemilu,” pungkasnya.