Ragam Bahasa.com – Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke 46 tingkat Kabupaten Sukabumi resmi digelar. Hal itu pasca dibukanya oleh Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri di Lapang GMC, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Sabtu, 2 Maret 2024.
Pembukaan yang dilakukan malam hari ini, berlangsung dengan sangat meriah. Bahkan, berbagai kreasi kesenian bernuansa Islami ramaikan kegiatan tersebut.
Selain itu, kegiatan tersebut dihadiri forkopimda, kepala perangkat daerah, hingga para camat yang ada di Kabupaten Sukabumi.
MTQ sendiri merupakan festival keagamaan Islam di  Indonesia yang diadakan di tingkat kecamatan hingga nasional. Di mana,  tujuannya untuk mengagungkan Alquran.
Maka dari itu, kegiatan yang mengambil tema melalui MTQ ke 46 kita wujudkan masyarakat Kabupaten Sukabumi yang religius, maju, inovatif, sejahtera lahir batin ini, akan berlangsung selama enam hari. Hal itu terhitung 2-7 Maret 2024.
Dalam kesepatan tersebut, H. Iyos mengatakan, kegiatan MTQ ini sejalan dengan visi Kabupaten Sukabumi. Terutama dari sisi kereligiusan.
“MTQ ini ke 46 ini harus dijadikan momentum menjabarkan, mengembangkan, dan mengimplementasikan pokok-pokok ajaran keagamaan yang fundamental dan hakiki, yakni Alquran,” ujarnya.
Oleh karena itu, festival ini sangat berharga. Terutama dalam memasifkan baca dan tulis Alquran.