RAGAMBAHASA.com || Pencarian Duta Pariwisata Mojang Jajaka Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, kembali diadakan dengan semangat yang baru. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Sigit Widarmadi, bersama Subkoordinator Promosi Pariwisata, Ratu Ayu Lini, mengkonfirmasi bahwa event tahunan ini sudah membuka periode pendaftaran.

Ratu menjelaskan bahwa pendaftaran bisa dilakukan secara online atau langsung. “Pendaftaran online dan walk in registration akan berlangsung dari tanggal 1 hingga 30 Maret 2024. Calon peserta dapat mendaftar melalui link https://bit.ly/PDWMJKS2024registrasi atau dengan scan barcode,” ujarnya pada Senin (4/3/24).

Selain mengisi formulir pendaftaran, peserta juga diwajibkan untuk mengunggah berkas administrasi seperti CV/daftar riwayat hidup, kartu identitas (KTP/KK/Kartu Pelajar), surat izin dari orang tua, surat rekomendasi dari kecamatan, surat rekomendasi/dispensasi dari institusi pendidikan/perusahaan, serta foto berwarna dengan ukuran dan latar belakang yang sesuai.

Foto full body dan close-up dengan background putih tanpa pola disarankan dengan berpakaian formal sesuai kategori, baik Mojang maupun Jajaka. Mojang diwajibkan menggunakan riasan. Semua file persyaratan harus diunggah dalam format PDF/JPEC pada link https://bit.ly/PDWMJKS2024administrasi.

“Peserta juga disarankan untuk menyerahkan berkas fisik ke Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi secara langsung, tanpa perantara. Datanglah tanpa riasan saat penyerahan berkas,” tambahnya.

Kriteria peserta meliputi usia 16-23 tahun, tinggi minimal 160 cm untuk Mojang dan 165 cm untuk Jajaka, pendidikan minimal SLTA, tidak sedang menjabat sebagai duta lain, aktif di media sosial, memiliki pengetahuan tentang pariwisata, ekonomi kreatif, dan kebudayaan, serta tinggal di Kabupaten Sukabumi. Peserta juga harus bebas narkoba, memiliki keterampilan komunikasi, belum menikah, dan lainnya.

“Pengumuman peserta yang lolos seleksi akan diumumkan pada 2 April 2024. Para peserta yang lolos akan menjalani masa karantina sebelum grand final yang rencananya akan diselenggarakan pada 17-18 April di Taman Rekreasi Cimalati, Cicurug,” tutupnya.