RAGAMBAHASA.com || Dalam sebuah rakor yang dipimpin oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sukabumi yang baru dilantik, Dede Rukaya bersama dengan unsur Bidang Bina Marga, Pengairan, Alat Berat, Laboratorium, dan sepuluh Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD), Kasubag, dan Subkor UPTD se-Kabupaten Sukabumi pada Jumat (08/03/2024) di aula SDA DPU Kabupaten Sukabumi, Dede Rukaya menyampaikan tujuan dari rakor tersebut. Tujuan tersebut adalah untuk mempererat hubungan dan membahas upaya peningkatan semangat dalam membangun, meningkatkan, dan mengonsolidasikan semua potensi kinerja di DPU.

Dalam kesempatan tersebut, Dede Rukaya menyampaikan tiga hal yang perlu diperhatikan secara cermat agar organisasi ini dapat berjalan dengan baik. Pertama adalah pegawai atau karyawan yang harus memiliki pemetaan secara menyeluruh mulai dari pendidikan, kemampuan teknis, kapasitas, dan kapabilitas. Termasuk dalam hal ini adalah hak-hak pegawai seperti kenaikan pangkat, pensiun, dan lain sebagainya.

“Tadi saya sampaikan ke keluarga besar DPU yakni tiga hal yang perlu diperhatikan secara cermat agar organisasi ini bisa berjalan dengan baik yaitu tiga P. Pertama adalah pegawai atau karyawan harus dipetakan seluruhnya mulai dari
pendidikan ,kemampuan teknis ,kapasitas juga kapabilitas .Termasuk hak pegawai dapat diperhatikan seperti naik pangkat ,pensiun dan lain sebagainya,” ujarnya.

Selanjutnya adalah prasarana dan sarana yang mendukung penunjang pekerjaan para pegawai, seperti pengadaan kendaraan dinas untuk kepala UPTD yang saat ini belum terpenuhi. Poin ketiga adalah pendanaan yang dibutuhkan untuk mensupport anggaran agar percepatan akselerasi bergeraknya organisasi dapat tercapai.

“Untuk P ketiga adalah Pendanaan. Jadi, bagaimana kita dapat mensuport anggaran agar percepatan akselerasi bergeraknya roda organisasi, ” tandasnya.

Dede juga menekankan pentingnya membangun silaturahmi dengan semangat kekompakan, kerja sama, dan kesetaraan di antara seluruh anggota DPU. Hal ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi perangkat daerah lainnya. Seiring dengan hampir 500 pegawai di DPU, pembinaan dan pengendalian akan dilakukan secara bertahap untuk meningkatkan efisiensi.

“Seiring jumlah pegawai DPU hampir 500 orang, terdiri ASN dan Non ASN itu akan secara bertahap akan dilakukan pembinaan atau pengendalian secara hilarki. Artinya, Kepala bidang mengendalikan stafnya, Kepala UPTD mengendalikan pelaksana lapangan serta non ASN termasuk pada bidang irigasi ada termasuk mitra cai, itulah yang telah disampaikan,” papar sosok yang sebelumnya menjadi Sekretaris Disperkim sebelum dilantik menjadi Kadis PU tersebut.

Terkait dengan prioritas pembangunan, program utama DPU adalah meningkatkan kemantapan jalan dan kondisi jaringan irigasi. Dede menjelaskan bahwa hal ini untuk mewujudkan infrastruktur layanan dasar dan mendukung ekonomi masyarakat. Terkait dengan jalan, penambahan panjang ruas jalan menjadi 1400 kilometer merupakan tantangan besar yang harus diatasi.

Dalam upaya menyelesaikan masalah infrastruktur jalan, Dede berencana untuk mengajukan anggaran dari berbagai sumber. Selain itu, dukungan dari pengusaha dan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan diharapkan dapat membantu dalam pemeliharaan jalan yang mantap. Dengan upaya bersama, DPU Kabupaten Sukabumi yang baru dilantik ini berharap dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.