RAGAMBAHASA.com || Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, mengungkapkan mengenai kemungkinan bergabung dengan pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Raka pada periode 2024-2029 mendatang. Saat ditanya wartawan mengenai kemungkinan aliansi dengan kubu Prabowo, Anies justru menjawab dengan pertanyaan balik, “Apakah ada tawaran?”

Anies dengan tegas menyatakan bahwa ia akan tetap berada di barisan perubahan dan tidak akan berada di dalam pemerintahan. “Saya ingin menegaskan bahwa saya akan terus berjuang untuk perubahan,” ujar Anies, yang sebelumnya menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Selain itu, Anies juga menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya selama Pilpres 2024, serta kepada mereka yang tetap bersama dalam barisan perubahan. “Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah mendukung. Terima kasih kepada mereka yang tetap setia, meskipun dihadapkan dengan berbagai tekanan dan imbalan, tetap memilih berdasarkan hati nurani. Saya sangat menghargainya,” tambah Anies.

Di sisi lain, kubu Prabowo-Gibran menyatakan kesiapan mereka untuk merangkul Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo untuk bergabung dalam pemerintahan, setelah berhasil memenangkan penghitungan cepat dan real count KPU. Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Habiburokhman, menegaskan bahwa persatuan sangat penting setelah kontestasi Pilpres berakhir.

“Politik Prabowo-Gibran adalah politik merangkul. Mereka selalu menekankan pentingnya persatuan dalam setiap kesempatan sejak sebelum kampanye hingga debat. Bahkan setelah kemenangan di quick count dan real count KPU, Prabowo-Gibran kembali menegaskan pentingnya merangkul semua pihak,” ungkap Habiburokhman.

Prabowo sendiri menegaskan di Istora setelah penghitungan cepat, bahwa penting untuk merangkul semua elemen bangsa. “Negara ini besar, kita harus merangkul semua elemen. Setelah kontestasi selesai, kita harus kembali bersatu sebagai bangsa,” tegasnya.

Dengan demikian, upaya untuk mencapai persatuan dan merangkul semua pihak menjadi fokus utama baik bagi kubu Anies maupun Prabowo-Gibran. Semoga spirit kolaborasi ini dapat membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik dan harmonis.