RAGAMBAHASA – Bupati Sukabumi Marwan Hammami yang saat ini tengah berada di Maroko dilaporkan selamat. pascagempa berkekuatan 6,8 skala Richter yang melanda negara itu pada Jumat malam, (8/9/2023).

 

Diketahui, Bapak Marwan Hammami berkunjung ke Maroko untuk menghadiri undangan Konferensi Internasional ke-10 UNESCO Global Geoparks yang diselenggarakan oleh UNESCO Global Geopark Mugoun di Maroko. Menurut tim pendamping, Bupati Sukabumi bersama rombongan sedang menginap di sebuah hotel di Maroko pada saat kejadian.

 

“Ya, tadi malam terjadi gempa pukul 11.10 waktu Maroko. Pusat gempa berada di Pegunungan Atlas Tinggi, 71 kilometer barat daya Marrakesh, pada kedalaman 18,5 kilometer”, kata Heldi Somantri.

Hal itu disampaikan Sekdis Kemenominfo dalam keterangan resmi, Sabtu (9/9/2023). Pasca gempa dahsyat, bangunan hotel tempat Bupati Sukabumi dan rombongan asal Indonesia menginap mengalami retak sehingga seluruh penghuni hotel lebih memilih tidur di luar. Hingga Sabtu (9/9/2023) pukul 1 .30 WIB.

sedikitnya 632 orang tewas akibat gempa Maroko Ratusan lainnya dilaporkan

terluka. Gempa juga merusak bangunan di kota bersejarah Marrakesh, yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Gempa tersebut merupakan yang terkuat yang melanda Maroko dalam lebih dari 100 tahun, menurut data Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).