RAGAMBAHASA.com || Dalam rangka memastikan kelancaran Pemilu Serentak Tahun 2024 sebagai sarana untuk mewujudkan kedaulatan rakyat, Penjabat Wali Kota, Kusmana Hartadji, bersama unsur Forkopimda Kota Sukabumi, melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Lodaya pada Selasa, 17 Oktober 2023.

Acara ini, berlangsung di Lapang Apel Kodim 0607, Kota Sukabumi, dihadiri dan diikuti oleh unsur TNI, Polri, penyelenggara dan pengawas Pemilu, perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah dan Organisasi Kemasyarakatan Kota Sukabumi, termasuk penggalang Pramuka.

Penyematan pita Operasi Mantap Brata Lodaya secara simbolis dilakukan oleh Penjabat Wali Kota, Kapolres Sukabumi Kota, dan Dandim 0607 kepada sejumlah personil TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Polisi Pamong Praja.

Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, menegaskan bahwa pihaknya telah membangun koordinasi lintas sektoral dengan Polres Sukabumi Kota, Kodim 0607, dan unsur lainnya. Apel Gelar Pasukan ini menjadi bagian integral dari serangkaian kegiatan pengamanan Pemilu.

Dalam pernyataannya, Penjabat Wali Kota Sukabumi mengungkapkan seluruh pihak harus terlibat dalam menjaga kondusifitas selama penyelenggaraan Pemilu 2024.

“ Saya menjadi Penjabat Wali Kota Sukabumi, salah satunya, ditugaskan untuk menjaga kondusifitas selama penyelenggaraan Pemilu 2024. Makanya, hari ini kita menggelar apel pasukan pengamanan,” ujar Kusmana Hartadji.

Kapolres Sukabumi Kota, Ari Setyawan Wibowo, telah menyusun teknis pengamanan Pemilu Serentak. Sebanyak 450 personil akan dikerahkan di lapangan, mencakup berbagai tahapan Pemilu seperti kampanye, pemungutan suara, penghitungan, hingga pelantikan.

“ Polres Sukabumi Kota menyeiapkan 450 personil untuk mengamankan Pemilu 2024 dari mulai tahapan, mulai dari tahap kampanye, pemungutan suara, penghitungan, pasca-penghitungan, hingga pelantikan. Kita akan mengamankan dan menjamin kepada wargga masyarakat bahwa TNI Polri dan stakeholders terkait bersama pemerintah siap mengamankan Pemilu 2024,” kata Kapolres Sukabumi Kota saat konfrensi pers.

Ari Setyawan Wibowo memastikan kesiapan Polres Sukabumi Kota untuk mengamankan Pemilu 2024 dengan memastikan masyarakat bahwa TNI, Polri, dan para pemangku kepentingan bersama pemerintah, siap mengawal dan mengamankan jalannya Pemilu 2024.

Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Lodaya hari ini bukan sekadar seremoni, melainkan sebuah pernyataan kuat akan kolaborasi antara Forkopimda, penyelenggara dan pengawas Pemilu, serta unsur masyarakat.

Semangat kesatuan ini diharapkan dapat menciptakan atmosfer damai dan aman selama penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024, mengukuhkan tekad bersama untuk mewujudkan demokrasi yang berkualitas di Kota Sukabumi.