RAGAMBAHASA.com || Pemajuan kebudayaan di Kota Sukabumi harus meningkatkan ekonomi lokal di tengah persaingan global. Kegiatan Wanoh Budaya, Ngarawat Bumi dan Ngarawat Kabudayaan  diharapkan menjadi salah satu upaya ke arah ini.

Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji membuka Pekan Kebudayaan Nasional 2023 dengan tajuk Wanoh Budaya pada Jumat, 20 Oktober 2023 di Rumah Budaya Sukuraga, Warudoyong.

Acara yang diinisiasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, Punjul Saeful Hayat, Pengelola Rumah Sukuraga, Efendi, perwakilan lembaga pendidikan, budayawan, para pelaku seni, dan perwakilan pengrajin batik Kota Sukabumi.

“ Budaya yang tumbuh di Kota Sukabumi merupakan refleksi hasil kreativitas masyarakat. Ini merupakan kekuatan lokal dan dapat menjadi modal sosial, namun acapkali dilupakan,” Ujar Kusmana Hartadji.

Atas alasan itu, Penjabat Wali Kota Sukabumi mengingatkan dan mengajak para peserta untuk tetap melakukan upaya perawatan budaya agar tidak tergerus oleh arus globalisasi.

“ Padahal, kebudayaan merupakan aset masyarakat. Dan masyarakat sebagai pemiliknya harus memandang budaya lokal memiliki potensi yang dapat terus dikembangkan,” lanjut Kang Tutus.

Kebudayaan yang berkembang di Kota Sukabumi ini tidak terlepas dari nilai religius yang mengajarkan bahwa manusia harus menyadari terhadap eksistensi Tuhan, berbuat baik terhadap sesama, dan memperlakukan alam sebagaimana mestinya.