RAGAMBAHASA.com || Di China terdapat bandara yang disebut-sebut sebagai bandara tertinggi di dunia. Adalah Bandara Daocheng Yading, yang berada di Provinsi Sichuan, China, sekitar kawasan Pegunungan Tibet.

Berada di ketinggian 4.411 meter di atas permukaan laut (mdpl), Daocheng Yading jadi bandara dengan layanan penerbangan komersial tertinggi di dunia. Bahkan, bandara ini lebih tinggi dari Gunung Kerinci atau Gunung Rinjani di Indonesia, lho.

Bandara Daocheng Yading saat ini melayani beberapa rute penerbangan dari dan menuju Daocheng, seperti Chengdu-Daocheng PP. Rute penerbangan tersebut dilayani oleh beberapa maskapai penerbangan, seperti Air China, Sichuan Airline, Southern Airline, hingga Eastern Airline.
Daocheng Yading Airport, bandara yang berada di ketinggian 4.411 meter di atas permukaan laut. Foto: sharptoyou/Shutterstock
Bandara ini juga menjadi jawaban atas sulitnya akses transportasi dari Chengdu menuju Daocheng, begitupun sebaliknya. Sebab, sebelum adanya bandara ini, para traveler harus melakukan perjalanan hingga dua hari menggunakan bus.
Setelah tersedianya jalur udara, waktu perjalanan mampu dipangkas menjadi 65 menit saja. Lalu, seperti apa fasilitas yang ada di bandara ini?

Fasilitas Bandara Tertinggi di Dunia

Daocheng Yading merupakan bandara dengan satu landasan pacu saja. Adapun, panjang landasannya mencapai 4.200 meter dengan lebar 45 meter.
Selain landasannya yang dibuat panjang dan lebar, bandara ini juga memiliki bangunan terminal seluas 5.000 meter persegi dengan dua garbarata. Dengan kapasitasnya tersebut, Bandara Daocheng Yading Airport dirancang untuk melayani 280 ribu penumpang per tahunnya.
Suasana Daocheng Yading Airport, bandara tertinggi di dunia. Foto: Phuong D. Nguyen/Shutterstock

zoom-in-white
Tidak hanya jadi yang tertinggi di dunia, bandara ini nyatanya memiliki keunikan yang lain. Salah satunya adalah lokasi bandara yang disebut berada di permukaan bulan, karena lokasinya yang berada di puncak Gunung Haizi.
Tak hanya itu, Bandara Daocheng Yading juga memiliki bentuk terminal yang unik seperti UFO. Saat dilihat dari udara, kamu seakan hendak mendarat di planet lain layaknya film luar angkasa.
Karena berada di ketinggian yang tak biasa, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan traveler. Pertama, kamu harus menghindari aktivitas berat dan sebaiknya tidak mandi saat tiba di sini. Kedua, kamu harus lebih banyak minum air dan hindari alkohol.
Ketiga, kamu harus tetap hangat dan jangan sampai kedinginan. Keempat, jika ada indikasi sesak napas, kamu sebaiknya menggunakan alat bantu oksigen.
Untuk menuju ke bandara, kamu bisa menggunakan transportasi umum, seperti taksi dan bus. Dari Daocheng, jarak bandara ini sekitar 50 km, dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1-2 jam.