RAGAMBAHASA.com || Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, menerima kunjungan dari PT. Telkom Indonesia wilayah Sukabumi di Gedung Negara Pendopo Sukabumi, Senin (8/1/24). Dalam kesempatan itu, Marwan mengajak Telkom berkolaborasi meningkatkan jaringan di Kabupaten Sukabumi.

“Wilayah kami ini khususnya di selatan, didominasi area wisata. Salah satunya yang telah mendunia ialah CPUGG (Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark). Jaringan komunikasinya perlu ditingkatkan,” ujarnya.

Ia menegaskan, kawasan wisata di wilayah selatan itu relatif ramai pengunjung. Sehingga akan lebih optimal kemanfaatannya ketika diperkuat dengan jaringan komunikasi yang lancar.

“Tren sekarang itu ke tempat wisata pasti langsung diposting di media sosialnya. Dalam pemenuhan tren tersebut, perlu jaringan yang kuat, khususnya di area-area pariwisata,” ucapnya.

Selain itu, Marwan juga mengajak kolaborasi dalam hal Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Sebab jaringan yang stabil menjadi sangat penting terkait SPBE.

“Kita bisa sinkronkan, kalau bisa pun dikerja samakan,” tegasnya.

Di tempat sama Plt. Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian (Diskominfosan) Kabupaten Sukabumi, Herdy Somantri menambahkan, jaringan menjadi sangat penting di era saat ini, terlebih di objek daya tarik wisata (ODTW).

“Sekarang itu banyak orang yang liburan sambil bekerja. Jadi mereka membutuhkan jaringan untuk kelancaran bekerja di tempat mereka berlibur. Ini menjadi potensi bagi Telkom,” bebernya.

Bahkan untuk SPBE, kata Bima -sapaan akrabnya-, sangat berpeluang besar bagi Telkom untuk berkontribusi. Mengingat pentingnya jaringan bagi SPBE.

“Sehebat apapun aplikasi, kalau jaringan tak stabil itu percuma. Jadi peluang juga ini untuk Telkom,” terangnya.

Sementara itu General Manager Telkom Sukabumi, Haris Setyawan mengatakan, pemenuhan jaringan di wilayah selatan menjadi salah satu tugasnya. Sedangkan berkaitan SPBE, menurutnya bisa dikomunikasikan lebih lanjut.

“Kita perlu lebih sering diskusi. Termasuk dengan tim dari SPBE. Kami juga sekarang melihat potensi dan daya dukung,” pungkasnya.