Ragam Bahasa.com || Sebuah pemandangan berbeda tampak di salah satu kawasan wisata Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG), Geyser Cisolok, Minggu (7/1/24). Para pengunjung yang tengah berendam di kolam tersebut tampak menikmati suguhan Panggung Seni dan Budaya.

“Sudah sering saya dan keluarga ke sini (Geyser Cisolok). Biasanya kan ada panggung hiburan di aula pas masuk. Sekarang ada hiburan ini di dalam area kolam. Bagus dan menghibur. Tari-tariannya bagus,” ucap Hendra Setiawan.

Kepala Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Joni Purnama mengatakan, Panggung Seni Dan Budaya Destinasi Wisata Geyser Cisolok itu merupakan inisiasi dari Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Forkopimcam Cisolok, dan Pemerintah Desa Wangunsari melalui BUMDes Bina Harapan Wangunsari. Tujuannya, untuk menjadikan Geyser Cisolok lebih hidup.

“Hari ini yang pertama. Para penampil seni dan budaya ini merupakan para pelajar di Kecamatan Cisolok,” terang Joni saat ditemui di lokasi.

Joni mengatakan, pihaknya telah menyusun rencana kegiatan Panggung Seni Dan Budaya tersebut. Minimal, katanya, sebulan sekali kegiatan tersebut diselenggarakan. Namun Joni menyarankan kepada BUMDes Bina Harapan Wangunsari agar menyelenggarakan kegiatan tersebut setiap pekan.

“Saya sarankan tiap hari Minggu ada penampilan. Kami juga interaktif dengan pengunjung, kita berikan ragam informasi terkait sejarah dan lain sebagainya di Geyser Cisolok ini,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Sigit Widarmadi, mengapresiasi Panggung Seni Dan Budaya Destinasi Wisata Geyser Cisolok tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut akan memberikan warna dan imej baik bagi tempat tersebut.

“Sangat bagus ya. Kegiatan ini akan menjadi alat promosi Geyser Cisolok untuk menarik lebih banyak wisatawan. Jadi selain menikmati pemandian air panas, wisatawan juga bisa menikmati penampilan seni dan budaya yang ditampilkan,” ujarnya.

Sigit juga mendukung penuh para penampil yang berasal dari para pelajar di Kecamatan Cisolok. Ia berujar, hal itu akan semakin meningkatkan potensi sumber daya manusia di bidang seni dan budaya untuk lebih berkembang.

“Yang jelas saya ucapkan terima kasih atas kolaborasi yang tercipta antara kami, BUMDes Bina Harapan Wangunsari, dan Forkopimcam Cisolok, yang telah menginisiasi kegiatan ini. Saya sangat berharap, destinasi wisata lainnya juga akan menampilkan hal serupa. Agar pera pengunjung terhibur dan semakin menarik minat calon wisatawan lainnya,” pungkasnya.