RAGAMBAHASA.com || Mobil Daihatsu Xenia dengan nomor polisi F 1523 IL yang terperosok ke dalam lubang longsor di bahu Jalan Tol Bogor – Ciawi – Sukabumi, atau Tol Bocimi Seksi 2 tepatnya di KM 64 600A, akhirnya berhasil dievakuasi oleh petugas gabungan dari dalam jurang pada hari Kamis (4/4/2024) siang. Dari informasi yang dikumpulkan, lokasi terjatuhnya mobil MVP tersebut berada di Kampung Sikup, Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Kendaraan minibus ini dievakuasi oleh petugas gabungan Brimob Polda Jabar dengan bantuan Damkar Kabupaten Sukabumi, Satlantas Polres Sukabumi, dan Kementerian PUPR menggunakan sejumlah alat berat sekitar pukul 13.00 WIB. Kombes Pol Faizal, Kasubditwal dan PJR Ditgakkum Korlantas Polri, menyatakan bahwa proses evakuasi mobil tersebut memakan waktu sekitar dua jam.

“Setelah proses evakuasi yang cukup berat, akhirnya mobil Daihatsu Xenia berhasil dievakuasi ke atas,” kata Faizal kepada media. Petugas gabungan menghadapi kesulitan karena kondisi tanah di jurang tersebut masih labil, terutama saat tali karmantel yang digunakan putus beberapa kali.

Faizal menambahkan bahwa kerusakan terparah dialami oleh Daihatsu Xenia, sementara mobil truk yang terlibat tidak mengalami kerusakan serius karena sudah berada di Parungkuda. Sedangkan mobil minibus Isuzu Panther juga tidak mengalami kerusakan parah. Kondisi para penumpang dan pengemudi mobil Xenia yang awalnya terluka-luka kini sudah mulai membaik.

Kasatlantas Polres Sukabumi, AKP Fiekry Adi Perdana, mengungkapkan bahwa dari tiga kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan tersebut, hanya satu Daihatsu Xenia yang terperosok ke dalam longsoran. Pengemudi Isuzu Panther dan pengemudi truk berhasil selamat, namun satu pengemudi Daihatsu Xenia beserta penumpangnya harus dilarikan ke RSUD Sekarwangi karena mengalami luka ringan.

Humas RSUD Sekarwangi, Muhammad Rizal Perdana, menjelaskan bahwa keduanya telah dipulangkan dari rumah sakit karena hanya mengalami luka ringan dan memar akibat benturan keras dari kecelakaan tersebut. “Keduanya sudah dipulangkan sebelum waktu zuhur hari ini dan tidak mengalami luka serius,” ucapnya. Semoga kecelakaan seperti ini tidak terulang lagi dan semua pihak bisa memperhatikan keselamatan dalam berkendara.