RAGAMBAHASA.com || Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Pariwisata telah sukses menyelenggarakan acara Pemilihan dan penobatan duta wisata mojang jajaka tingkat kabupaten Sukabumi Tahun 2024 di Taman Rekreasi Cimalati Kecamatan Cicurug pada Kamis, 18 April 2024. Acara ini bertujuan sebagai wadah bagi generasi muda berbakat untuk mengasah minat dan bakat mereka, terutama dalam bidang seni dan budaya Sunda. Selain itu, acara ini juga sebagai upaya pelestarian budaya dan promosi budaya tradisional kepada generasi muda.

Pemilihan Duta Wisata Mojang Jajaka Tingkat Kabupaten Sukabumi Tahun 2024 diikuti oleh peserta dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Sukabumi. Dari 70 pendaftar, 54 peserta lolos seleksi administrasi dan 20 peserta lolos seleksi interview online. Sebanyak 20 finalis yang terdiri dari 10 pasang duta wisata mojang jajaka mengikuti pra-karantina, karantina, dan grand final.

Hasil seleksi pemilihan duta wisata mojang jajaka adalah sebagai berikut:
– Mojang Pilihan: Beta Agustina (Cicurug)
– Jajaka Pilihan: Agim Abdul Hakim (Cidahu)
– Mojang Wakil 1: Tessa Yasmin Shopia (Ciracap)
– Jajaka Wakil 1: Elvin Ferdian (Cibadak)
– Mojang Wakil 2: Auliya Ramadhani (Parungkuda)
– Jajaka Wakil 2: Rahadian (Lengkong)

Kategori atribut untuk Mojang dan Jajaka:
– Mojang Kemeumeut: Auliya Ramadhani (Parungkuda)
– Jajaka Kameumeut: Denri (Warungkiara)
– Mojang Parigel: Anna Nur Aulia (Cicurug)
– Jajaka Parigel: Dikri Saparudin (Nagrak)
– Mojang Intelegensia: Jasmine Al Dhahrani (Sukabumi)
– Jajaka Intelegensia: Riswandi (Simpenan)

Selamat kepada para pemenang dan seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam acara ini. Semoga kegiatan ini dapat menjadi event tahunan yang dapat menarik wisatawan baik lokal maupun internasional untuk mengenal dan mencintai budaya tradisional Sukabumi. Terima kasih kepada seluruh panitia dan sponsor yang telah mendukung suksesnya acara ini.