RAGAMBAHASA.com || Awan kelabu yang menjulang tinggi menaungi SMAN 1 Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Seorang siswi SMAN 1 Cisaat, Kayla Nur Syifa (16 tahun) telah berpulang ke Rahmatullah di tengah-tengah proses seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Sukabumi pada Kamis, 18 April 2024. Seleksi ini diselenggarakan di GOR Palabuhanratu dan menjadi tanggung jawab Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Sukabumi.

Tes seleksi ini diikuti oleh puluhan siswa dan siswi SMA se-Kabupaten Sukabumi, termasuk Kayla, yang berasal dari Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh. Kepala Bidang Wawasan Kebangsaan (Wasbang) Bakesbangpol Kabupaten, Anzar Kusnandar, mengungkapkan bahwa Kayla telah mengikuti tes seleksi Paskibraka sejak Rabu, 17 April 2024. Tes berlanjut hingga Kamis, 18 April, dan para peserta diinapkan di GOR Palabuhanratu hingga Jumat, 19 April 2024.

Agenda tes di GOR Palabuhanratu meliputi pengukuran kemampuan baris berbaris (PBB) dan tes kesamaptaan. Kayla termasuk peserta tes yang mulai menjalani lari pada Kamis sore. Setelah berlari selama 12 menit, Kayla tiba-tiba jatuh pingsan saat pendinginan. Tim panitia segera memberikan penanganan pertama dan membawa Kayla ke RSUD Palabuhanratu.

Setelah diperiksa oleh dokter, kondisi Kayla semakin memburuk hingga akhirnya dinyatakan meninggal dunia. Kemungkinan kurangnya udara atau oksigen ke otak menjadi penyebabnya. Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah V Provinsi Jabar, Lima Faudiamar, membenarkan kabar duka ini dan telah memberikan instruksi kepada pihak SMAN Cisaat untuk menindaklanjuti kejadian tersebut.

Pihak sekolah akan didampingi oleh KCD Pendidikan Wilayah V Provinsi Jabar dalam menangani situasi yang menyedihkan ini. Semoga Kayla mendapatkan tempat yang layak di sisi-Nya dan keluarga serta teman-temannya diberikan ketabahan dalam menghadapi kehilangan yang mendalam ini. Semoga peristiwa ini menjadi pelajaran bagi semua pihak untuk lebih memperhatikan keselamatan dan kesejahteraan peserta dalam setiap kegiatan seleksi maupun kompetisi.