RAGAMBAHASA.com || Perhelatan Festival Pencak Silat Seni Tradisi Forum Seni Budaya Raga Mulya Cup 1, yang digelar Padepokan Pencak Silat Sangsaka Buana Indonesia, mendapat dukungan dari Dinas Budaya Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Sukabumi.

Festival tersebut bisa menjadi ajang untuk melahirkan sejumlah atlet berprestasi dan selanjutnya dapat mengharumkan nama Kabupaten Sukabumi.

“Semoga dengan event ini akan lebih banyak melahirkan para atlet pencak silat yang akan membawa harum Kabupaten Sukabumi di kancah daerah maupun nasional,” ujar Sekretaris Dinas (Sekdis) Budpora Kabupaten Sukabumi, Anita Mulyani, Kamis, 29 Februari 2024.

Festival ini akan berlangsung selama tiga hari, mula tanggal 1 – 3 Maret 2024 dan akan dibuka Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan ditutup Ketua Pengcab IPSI Kabupaten Sukabumi.

“Dengan adanya festival itu juga diharapkan pencak silat akan terus berkembang serta diminati para generasi muda, sebagai olahraga tradisional yang harus dijaga kelestariannya,” harap Anita.

Seperti diberitakan sebelumnya, festival pencak silat ini bakal diikuti sekira 450 peserta dan memperebutkan Piala Bergilir Bupati.

Festival dimulai tanggal 1 Maret 2024 di Nipah Valley Kalaparea, Nagrak Kabupaten Sukabumi.

Diharapkan dengan digelarnya festival ini seni pencak silat semakin tumbuh di masyarakat termasuk di kalangan generasi muda.

Selain itu, festival pencak silat ini dalam rangka meningkatkan silaturahmi antarpaguron demi keutuhan bangsa.

Juga untuk mencari bibit atlit yang handal, sehingga bisa dijagokan dalam ajang pencak silat di momen lainnya.