Ragam Bahasa.com – Duel Persebaya Surabaya vs PSS Sleman dalam lanjutan Liga 1┬ápekan ke-27 berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan tim tuan rumah, Minggu, 3 Maret 2024. Muhammad Iqbal mencuri perhatian dengan gol cepat yang dibuatnya di laga ini.

Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, bergemuruh merayakan gol Iqbal saat pertandingan baru saja dimulai. Memasuki detik ke-13, bola tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti pemain berusia 23 tahun itu berhasil menjebol gawang PSS.

PSS nyaris mampu menyamakan kedudukan pada menit kesembilan. Hokky Caraka melakukan tembakan ke gawang Persebaya setelah mendapatkan umpan dari Alvis Kamsoba, tetapi bolanya masih bisa ditepis kiper Andhika Ramadhani.

Duel memanas. Wahyudi Hamisi tak sengaja menendang kepala Bruno yang terjatuh. Nurdiansyah dan Hamisi dari PSS serta Yan Victor dari Persebaya diganjar kartu kuning karena tersulut emosi.

Persebaya menggandakan keunggulan pada menit ke-30. Bruno Moreira mencetak gol lewat tendangan penalti. Wasit menunjukkan titik putih setelah Anthony Pinthus melakukan pelanggaran kepada Paulo Henrique.

Selang tiga menit kemudian, Hokky mendapatkan kesempatan emas. Dia mendapatkan umpan dari Ajak Riak dari sisi kanan lapangan, tetapi lagi-lagi tendangannya masih bisa ditepis Andhika. Kedudukan 2-0 bertahan hingga turun minum.

Ketika laga kembali dilanjutkan. Pada menit ke-47, Esteban Vizcarra menjebol gawang Persebaya melalui tendangan keras yang dilakukannya. Gol ini memperkecil ketertinggalan.

Gol Vizcarra meningkatkan intensitas serangan PSS. Namun, tim berjuluk Super Elang Jawa ini belum mampu menambah gol.

Di sisa waktu, PSS sebenarnya memiliki sejumlah peluang, termasuk dari pergerakan Hokky. Mereka terus menekan pertahanan tim tuan rumah. Namun, tidak ada tambahan gol yang terjadi. Skor tetap bertahan untuk keunggulan tim tuan rumah.

Ini menjadi kemenangan kedua Persebaya dalam lima pertandingan sejak kedatangan pelatih Paul Munster. Empat laga sebelumnya, mereka mencatat satu kemenangan dan empat kali imbang.

Tambahan tiga poin dari laga kandang ini membuat Persebaya naik ke peringkat kesembilan klasemen sementara Liga 1 dengan 35 poin. Sementara, PSS Sleman tetap di urutan ke-14 dengan 31 poin, hanya unggul tiga poin dari tim zona degradasi.

Setelah laga ini, Persebaya Surabaya akan bertanding di kandang tim pemuncak klasemen sementara Liga 1, Borneo FC pada Kamis mendatang. Sedangkan PSS Sleman akan bertandang ke PSM Makassar sehari kemudian.