RAGAMBAHASA – Hari Batik Nasional merupakan peringatan untuk merayakan batik sebagai warisan budaya Indonesia, yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober.

Di industri otomotif, ada setidaknya dua pabrikan besar yang pernah meluncurkan atau memperkenalkan model batik pada produk mereka.

Model pertama adalah Vespa Batik, motor ini merupakan edisi spesial yang berbasis model LX125 i-get.

Kehadiran Vespa Batik ini juga bersamaan dengan peresmian pabrik baru Piaggio Group yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat

Mengusung tagline ‘Dari Indonesia Untuk Indonesia’, Vespa Batik tersemat beberapa elemen motif tradisional di berbagai bagian.

Warna dasarnya diberi nama Green Relax, motifnya tersebar dari bagian dasi, laci dek depan, pijakan kaki, hingga bodi samping dan belakang.

Vespa Batik LX 125 i-get juga dilengkapi dengan top box dan helm spesial yang juga dibubuhi oleh motif serupa, serta emblem eksklusif sebagai penanda.

Mengusung motif ‘Tambal Jagad’, pola batik yang disematkan merupakan paduan motif batik dari berbagai budaya yang mewakili Indonesia.

 

Baca Juga: Kodim 0622 dan Polres Sukabumi Bersih-Bersih pantai Dalam Rangka HUT TNI ke 78

 

Detailnya merupakan perpaduan 7 desain dari motif Perisai (Kalimantan), Megamendung (Jawa Barat), Ayam Kasuari (Papua), Sokowani (Sumatera), Tenun Ikat Menjangan (Nusa Tenggara), Kawung (Jawa Tengah), dan Poleng (Bali).

Saat pertama kali diluncurkan, Vespa Batik dijual dengan harga Rp 77 juta on the road (OTR) DKI Jakarta.