Jakarta -Bulan Ramadan, tradisi mudik akan segera dimulai di Indonesia. Masyarakat Indonesia akan segera melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman untuk merayakan libur lebaran bersama keluarga. Transportasi yang dipilih untuk pulang kampung pun beragam, namun prediksi menunjukkan bahwa kereta api menjadi moda transportasi utama yang dipilih oleh masyarakat, diikuti oleh bus umum.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan, terlihat bahwa jumlah masyarakat yang memilih kereta api sebagai moda transportasi antar kota pada lebaran 2024 mencapai 39,32 juta orang. Sedangkan bus umum diikuti oleh 37,61 juta orang, mobil pribadi oleh 35,42 juta orang, dan sepeda motor oleh 31,12 juta orang. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, mobil pribadi menjadi pilihan favorit pada lebaran tahun ini.

Meskipun pengguna mobil pribadi dan sepeda motor akan meningkat pada mudik tahun ini, namun angka tersebut masih lebih rendah dibandingkan dengan pengguna kereta api dan bus. Selain itu, terdapat juga kereta cepat Whoosh yang diminati oleh 1,42 juta orang. Untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di tol Trans Jawa, peningkatan sarana transportasi umum antarkota yang baik adalah tantangan yang harus dihadapi oleh pemerintah.

Djoko Setijowarno, Wakil Ketua Pemberdayaan dan Pengembangan Wilayah Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat, menyarankan agar kebijakan rekayasa lalu lintas searah di jalan tol dipikirkan dengan matang. Hal ini dilakukan agar kelancaran perjalanan bus-bus yang menjadi moda transportasi utama pada lebaran 2024 tidak terhambat oleh kemacetan di tol Trans Jawa. Contoh dari tahun sebelumnya, penumpang harus menunggu hingga 6 jam di Terminal Pulo Gebang karena bus penjemputan dari Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Sehingga, perencanaan yang bijak dalam mengatur arus lalu lintas sangat diperlukan agar perjalanan penumpang tidak terhambat dan tidak menunggu lama di terminal bus.

Semoga dengan koordinasi yang baik antara pemerintah dan pihak terkait, mudik lebaran tahun ini dapat berjalan lancar tanpa kendala. Selamat mudik bagi semua yang akan merayakan lebaran di kampung halaman. Semoga perjalanan pulang kampung kali ini membawa kebahagiaan dan kenangan yang indah bersama keluarga tercinta. Selamat merayakan lebaran!