RAGAMBAHASA.com  || Event Geopark Ciletuh Palabuhanratu Run  2023 merupakan kegiatan olahraga wisata atau sport tourism. Hal itu dikatakan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri pada rapat persiapan penyelenggaraan event di aula Dinas Koperasi dan UKM, Jumat 13 Oktober 2023.

Menurutnya event ini akan menjadi terobosan yang efektif dalam dunia olahraga dan wisata, hal ini juga sebagai bentuk ikhtiar memajukan ekonomi daerah

“Rapat persiapan ini sebagai wadah yang tepat untuk saling berbagi informasi, saya yakin bahwa penyelenggaraan event dimaksud bisa menjadi daya tarik wisata, termasuk meningkatkan kunjungan wisatawan, khususnya yang berada di sekitar Kawasan CPUGGp” ungkapnya

Wabup berharap event kolaborasi dengan Media Indonesia tersebut bisa mendorong ekonomi kerakyatan  dan geopark akan terus terkenal, buat wisatawan domestik maupun mancanagara.

Diketahui Media Indonesia (Media Group Network) akan menggelar event Geopark Ciletuh Run 2023 di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Pembahasan event yang rencananya digelar pada 17 Desember 2023 itu terus dimatangkan bersama para sponsor yang akan mendukung acara tersebut .

Dalam kesempatan itu, Perwakilan Media Indonesia Firmansyah  mengatakan, Geopark Ciletuh Run 2023 bertujuan mengangkat potensi daerah yang dimiliki Kabupaten Sukabumi.

Terkait keberadaan Geopark Ciletuh yang kembali mendapatkan sertifikat sebagai Global Geoprak dari UNESCO.

“Agar pada pelaksanaan event nanti berjalan sukses, tentu harus dimatangkan berbagai persiapannya. Alhamdulillah, hari ini Jumat  bisa melaksanakan pertemuan membahas berbagai persiapannya” jelasnya.

Masih dikatakan Firmansyah, Jumlah peserta ditargetkan sebanyak 1.000 orang dan start dari Pantai Palangpang. Ada dua kategori yakni lomba lari 6 kilometer dan 17 kilometer.

“Selain memperkenalkan potensi alam, kita juga perkenalkan berbagai produk UMKM dari Kabupaten Sukabumi serta penampilan seni dan budaya lokal,” pungkasnya.