RAGAMBAHASA.com – Solid state drive (SSD) merupakan hardware dalam laptop atau PC yang berfungsi sebagai perangkat penyimpanan.Bagi kamu yang ingin ganti perangkat penyimpanan dari HDD ke SSD atau dari SSD tipe SATA ke NVMe, saat ini tersedia banyak di marketplace. Tinggal sesuaikan dengan spesifikasi dari perangkat kalian.

Namun sayangnya, tidak semua yang dijual di marketplace itu original. Hal ini dibuktikan oleh salah seorang Youtuber dengan nama channel DK ID. Ia sengaja membeli portable SSD di salah satu marketplace dengan spesifikasi 30 TB (terabyte) dan dibandrol harga cuma sekitar 160rb.

 

 

Baca Juga: Perkembangan Teknologi Ancaman Atau Peluang

Tujuannya untuk memberikan edukasi bahwa tidak mungkin ada SSD original yang dijual dengan harga terlampau murah. Alasan lain karena penjualan dari SSD palsu ini masih banyak peminatnya, dari satu toko saja sudah 400 unit/bulan. Itu membuktikan bahwa masih banyak yang awam mengenai SSD, apalagi yang portable.

Selanjutnya Youtuber ini mengecek kecepatan baca tulisnya, dan portable SSD tersebut hanya mampu baca tulis sekitar 14 Mbps/detik. Agar dapat membayangkan bagaimana kecepatannya, HDD yang dikenal sudah ketinggalan zaman dan lelet saja punya kecepatan sekitar 100 Mbps/detik.

Ia mengambil sampel dengan mentransfer data sebesar 244 GB (gigabyte) menggunakan SSD palsu tersebut, dan hasilnya dibutuhkan waktu 4 jam 49 menit.

Bandingkan dengan SSD tipe SATA yang memiliki kecepatan sekitar 500 Mbps/detik, menurut perhitungan dari ChatGPT, waktu yang dibutuhkan untuk mentransfer data 244 GB hanya sekitar 8 menit saja. Jauh lebih cepat bukan?

Baca Juga: Inovasi Terbaru Mengenal Android 14

Itu baru SSD SATA, coba bandingkan dengan tipe M.2 NVMe generasi 3 yang memiliki kecepatan baca tulis berkisar 2000 mb/detik, bahkan bisa lebih. Hasil dari konversi oleh ChatGPT hanya dibutuhkan waktu sekitar 5 detik untuk mentransfer data sebesar 244 GB. Lebih cepat 142 kali daripada SSD palsu.

Sampai pada SSD palsu itu dibongkar, ternyata isinya hanya micro SD sebesar 58 GB yang dipasang pada enclosure (casing) dan dilem menggunakan lem bakar. Jadi kesimpulannya, lebih berhati-hatilah memilih dan memilah barang yang tidak sesuai dengan harga aslinya.

Kabar baiknya, saat ini di beberapa marketplace sudah dilakukan pemblokiran pada penjual-penjual tidak bertanggung jawab seperti penjual portable SSD palsu ini.

 

 

Lalu sebenarnya berapa sih harga normal untuk SSD saat ini? Karena beberapa tipe SSD sudah sulit dicari, maka yang tercantum hanya yang mudah ditemukan dan kompatibel dengan kebanyakan perangkat saat ini.

Dirangkum dari berbagai marketplace berikut harga tipe-tipe SSD dengan kapasitas 256 GB dan di bawahnya.

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi Rilisan Terbaru Samsung Galaxy S23 Fe

  • SSD SATA 3 2.5 inch 128 GB berkisar di Rp 150.000– Rp 250.000 tergantung merek.
  • SSD SATA 3 2.5 inch 256 GB berkisar di Rp 250.000–Rp 600.000 tergantung merek.
  • SSD M.2 NVMe 128 GB berkisar di Rp 200.000–Rp 300.000 tergantung merek.
  • SSD M.2 NVMe 256 GB berkisar di Rp 300.000–-Rp 700.000 tergantung merek.

 

 

Itulah sedikit pembahasan mengenai SSD dan bagaimana menghindari penjual bodong yang menawarkan SSD dengan harga tidak masuk akal. Semoga bermanfaat.