RAGAMBAHASA.com || Sejak ditinggalnya Asep Japar yang pensiun pada 1 Desember 2023, kepemimpinan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi mengalami kekosongan dan harus diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt) secara sementara, mulai dari Eka Nandang hingga Sukandar. Namun, akhirnya Dinas PU memiliki seorang Kepala Dinas yang definitif setelah Bupati Sukabumi Marwan Hamami melantik Dede Rukaya berdasarkan Surat Keputusan Bupati Sukabumi Nomor: 800.1.3.2/Kep.231-BKPSDM/2024 tanggal 5 Maret 2024. Dede dilantik oleh Bupati Marwan bersama dengan 286 orang lainnya dalam acara pengambilan sumpah dan janji jabatan pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, dan pejabat pengawas di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi pada Rabu (6/3/2024).

Setelah dilantik, Dede mengaku bersyukur atas amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh Bupati untuk memimpin perangkat daerah yang mendukung pembangunan infrastruktur utama di Kabupaten Sukabumi. Dede menegaskan bahwa ia akan melaksanakan pesan dan amanat dari Bupati dengan sebaik mungkin terkait percepatan pembangunan di Kabupaten Sukabumi, terutama dalam meningkatkan kualitas infrastruktur layanan dasar dan penunjang ekonomi masyarakat.

“Saya bersyukur kepada Allah SWT atas amanah dan kepercayaan dari pimpinan. Sebagai Kepala Dinas PU, tugas saya adalah membantu bupati dalam meningkatkan kualitas infrastruktur layanan dasar dan penunjang ekonomi, sesuai dengan misi daerah untuk meningkatkan konektivitas dan pertumbuhan wilayah, seperti tingkat kemantapan jalan dan kondisi baik jaringan irigasi,” ujar Dede

Dede menambahkan bahwa Dinas PU harus mampu meningkatkan kemantapan jalan dan jembatan di kabupaten untuk mendukung aksesibilitas terutama dalam sektor agribisnis dan pariwisata, serta jaringan irigasi yang berkualitas baik untuk mendukung ketahanan pangan daerah.

“Untuk mencapai hal-hal tersebut, tentu diperlukan kolaborasi multipihak pentahelix dengan prinsip kesetaraan dan saling menguntungkan,” tambah Dede.

Sebelum diangkat sebagai Kepala Dinas PU, Dede Rukaya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Sukabumi. Dengan pengalaman 15 tahun di Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Dede telah lama berkiprah di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Ia pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Aset BPKAD selama 8 tahun, Sekretaris BPKAD selama 4 tahun, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan di Sekretariat Daerah selama 2 tahun 1 bulan, dan terakhir Sekretaris Disperkim selama 5 bulan.