RAGAMBAHASA.com || Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa gempa bumi berkekuatan 1,8 mengguncang Kota Sukabumi, Jawa Barat, pada Rabu (28/2/2024) sekitar pukul 19.50 WIB. Pusat gempa tersebut terletak di darat, tepatnya di 6,90 Lintang Selatan dan 106,94 Bujur Timur. Gempa itu menimbulkan getaran yang terasa hingga Kabupaten Sukabumi.

Dalam informasi yang diunggah di akun resmi Twitter BMKG, diketahui bahwa gempa tersebut terjadi sekitar 2 kilometer arah timur laut dari Kota Sukabumi, dengan kedalaman 7 Km. Akun @infoBMKG juga menambahkan bahwa gempa ini telah dirasakan dengan skala MMI II di Kabupaten Sukabumi.

Hingga saat berita ini disusun, belum ada informasi mengenai dampak yang ditimbulkan oleh gempa bumi tersebut. Warga di sekitar wilayah yang terdampak disarankan untuk tetap tenang dan waspada mengingat kondisi sekitar yang masih belum pasti setelah terjadinya gempa.

Gempa bumi memang tidak bisa diprediksi kapan dan di mana akan terjadi. Namun, dengan adanya sistem peringatan dini dan informasi yang disampaikan oleh BMKG, diharapkan masyarakat dapat lebih siap dan waspada terhadap potensi bencana alam yang dapat terjadi.

Diharapkan pula bahwa pemerintah setempat dapat memberikan bantuan dan penanganan kepada warga yang terdampak gempa bumi ini, serta melakukan evaluasi terhadap kesiapan dan mitigasi bencana agar bencana serupa tidak menimbulkan dampak yang lebih besar di masa yang akan datang.

Kepedulian terhadap lingkungan dan keberadaan kita di dalamnya, termasuk kesiapan terhadap bencana alam, merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap individu. Mari bersatu dan bekerja sama dalam membangun kesadaran akan pentingnya penanggulangan bencana serta menjaga kelestarian alam untuk generasi mendatang. Semoga kita semua selalu dalam perlindungan-Nya. Amin.