RAGAMBAHASA – Kontroversi perpindahan Ridwan Kamil sebagai calon wakil presiden memang cukup menjadi perhatian. Ridwan Kamil yang sempat dikabarkan dekat dengan calon presiden Ganjar Pranowo, kini justru semakin dekat dengan pencalonan cawapres Prabowo.

 

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, gagasan untuk mendampingi pasangannya masih dipertimbangkan oleh pimpinan partai koalisi. Dia mengatakan, Gerindra berencana mengumumkan hal tersebut kepada publik ketika sudah tepat waktunya.

“Wapres saat ini sedang didiskusikan dengan pimpinan partai koalisi dan sedang difinalisasi. Pada saatnya nanti, wakil yang akan mendampingi Pak Prabowo, akan kami umumkan,” kata Muzani usai menghadiri acara konsolidasi caleg Partai Gerindra se-Jawa Barat di Hotel Pullman, Kota Bandung, Minggu (10/9/2023).

Kendati demikian, Muzani tak menampik Ridwan Kamil termasuk salah satu calon yang memenuhi kriteria mendukung Prabowo pada Pilpres 2024. Salah satu yang menjadi pertimbangannya adalah rekam jejak pria tersebut memimpin Jawa Barat.

 

“Ridwan Kamil mempunyai nama yang harum sekali sebagai Gubernur Jawa Barat. Pak Prabowo juga mempertimbangkan sebagai wakilnya,”

tutupnya. Sebelumnya, nama Ridwan Kamil juga disebut-sebut Prabowo Subianto saat bertemu dengan Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Yenny Wahid di kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (6/9).

 

Yenny awalnya menyampaikan kriteria cawapres idealnya kepada Prabowo, yaitu bisa mewakili suara anak muda.

 

“Untuk bacawapres, Pak Prabowo, saya berharap itu menjadi representasi anak muda, karena kita butuh itu, anak-anak muda terwakili semuanya. Kita harapkan Pak Prabowo, siapapun Cawapres yang dipilih bisa mewakili anak muda. Cocok gak Mas Bowo?” kata Yenny Wahid, Rabu (6/9/2023).

 

“Cocok,” balas Prabowo.

 

Menurut Yenny, perkara siapa nama yang akan ditunjuk bisa belakangan. Yang penting, kriteria tersebut bisa terpenuhi.

 

“Kriteria dulu, perkara garis tangan siapa yang jadi itu lain urusan. Kriterianya dulu. Harus wakilin anak muda,” ucap Yenny.

 

Prabowo lantas ditanyai siapa sosok yang dianggapnya muda. Prabowo menilai sosok Menteri BUMN, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka hingga Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masuk dalam kriteria ‘muda’.

 

“Erick muda, Gibran muda, banyak masih muda. Banyak masih muda,” ucap Prabowo.

 

“RK oke,” tambah dia.